15 Agustus 2023 | Dilihat: 287 Kali
Advokat Lasman : Replik Jaksa Harus Hukum Terdakwa Seadil -Adilnya 
noeh21
 

Kabupaten Bogor,  Projustisianews.com -  Kuasa Hukum korban, Lasman  Siahaan SH, MH, meminta  Jaksa dalam Replik harus memberi tuntutan hukum seadil-adilnya. Pernyataan ini disampaikan Advokat Lasman memperhatikan  pleidoi Kuasa Terdakwa dalam pengadilan (13/8/3023). dimana Kuasa Hukum terdakwa mengakui kesalahan kliennya.

"Milihat peristiwa korban bukan pelaku kejadian hingga terjadinya peristiwa kecelakaan karena mobil Pajero dengan kecepatan 20 km, dan motor dari arah selatan menuju utara mobil dari arah Timur menuju barat," ujar Lasman .


Pleidoi terdakwa menyebut korban menjadi terjadi kecelakaan  menurut Advokat Lasman tidak benar   sangat menyesatkan karena kenyataannya kerusakan Mobil Pajero ada di bagian depan serta motor di bagian belakang. 

Jadi dari fakta tersebut jelas Lasman  tidak benar  Pledoi terdakwa tersebut  menjadi dasar  Dakwaan Jaksa dengan pasal 310 ayat 4. 

Ditandaskan kembali Lasman kejadian ini menghilangkan nyawa 2 orang, namun sangat janggal  Jaksa  hanya tuntutat hanya 3 bulan terhadap terdakwa. " Ini tidak berkeadilan  dan tuntutan Jaksa sangat ringan tentunya dipertanyakan integritas jaksa," timpal Lasman 

Padahal dengan jelas pledoi terdakwa  mengakui kelalaiannya , harus pledoi ini menjadi dasar Jaksa memperberat hukuman kepada terdakwa.

Selanjutnya terkait perdamaian jauh dari harapan kerugian yang dialami keluarga dengan hilangnya nyawa anak dari korban 

Perdamaian yang diberikan terus teran saja kata Lasman  sangatlah menyakit kan bagi keluarga korban dari sikap pelaku dan keluarga yang tidak ada empati. 

" Mereka sangat terkesan terbaca transaksional, ini terbukti dari awal ingin dibebaskan dengan RC. Keluarga korban sangat terluka mereka minta rasa empati namun tidak dapat.m,"tandas Lasman ketum IPJI itu.

Dalam berita acara perdamaian itu pada point 9 perjanjian sangat jelas menyebut walau ada perdamaian tetapi  perkara ini diserahkan ke APH. 

"Oleh karenanya Penegakan hukum dalam hal ini Jaksa  ada pada APH sebagai representasi negara," ujar Lasman.


Keluarga hanya berharap kepada APH dengan segala kebenarannya dan Jaksa  dengan sadar keadilan harus tegakkan seadil adil dengan hukum berat karena menghilangkan nyawa orang," tegas Lasman .(***)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger,
Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur - INDONESIA
Telp :  021- 836.83.83
Hotline  : 021- 0812 -1853-3128
Email: Binzar67@ g.mail.com