09 September 2023 | Dilihat: 348 Kali
Advokat Saor Siagian Minta Tegas  Ponjto  Sutowo Serahkan Aset Hotel Sultan 
noeh21
Sumber foto Detiknews
 

Jakarta, Projustisianews - Tim kuasa hukum Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Saor Siagian meminta tegas PT Indobuildco milik Pontjo Sutowo menyerahkan tanah Hotel Sultan. 

PPKGBK menegaskan PT.  Indobuildco sudah tidak memiliki hak atas lahan tersebut.
"Kami menambahkan dari kuasa hukum, apa yang dibilang Pak Kapolri, kami minta kepada Indobuildco dengan persuasif untuk segera menyerahkan tanah tersebut," ujar tim kuasa hukum PPKGBK, Saor Siagian, di kantor Kemenko Polhukam, kepada wartawan, Jumat (8/9/2023).


PT Indobuildco sudah tak punya hak karena Hak Guna Bangunan (HGB) Nomor 26 dan 27 berakhir pada 4 Maret 2023 dan 3 April 2023. 

Saor meminta kooperatif membantu proses hukumukum ini harus segera berakhir, saya kira cukup 50 tahun, tetapi ini menyangkut wajah negara, karena ini wajah negara kita, soal GBK ini. Itu sebabnya, mengapa ini harus kita punya atensi," ucap Saor.

Ditambahkan  kuasa hukum PPKGBK lainnya, Chandra Hamzah, menerangkan tanah sengketa di kompleks Senayan itu dibebaskan oleh negara menggunakan uang negara pada '59-'62. 

Dia mengatakan PT Indobuildco memiliki HGB bukan dengan membebaskan tanah.

"Nggak keluar sepeser pun untuk membebaskan dan tidak ada kegiatan. PT Indobuildco memiliki HGB atas izin Gubernur DKI Jakarta waktu itu Ali Sadikin, selama 30 tahun untuk menggunakan tanah dan membangun hotel dengan kewajiban menyerahkan, menyumbangkan balai sidang dan membayar royalti," kata dia.

"Dan kemudian berdasarkan keterangan Ali Sadikin, ada suratnya, balai sidang yang kita kenal sebagai JCC, yang seharusnya dibangun PT Indobuildco ternyata menggunakan uang Pertamina. Harusnya menggunakan uang PT Indobuildco untuk diserahkan sebagai kompensasi penggunaan 30 tahun," sambung Chandra.

Chandra juga mengatakan HPL nomor 1 dinyatakan " sebagai aset milik negara oleh Menkeu Sri Mulyani. HGB PT Indobuildco juga berakhir pada Maret dan April 2023".

"Haknya sudah nggak ada. Penggunaan aset negara mulai dari April 2023 sampai sekarang dikomersialisasikan dan mengambil untung terhadap aset negara, silakan menyimpulkan sendiri," ujar Chandra.

Menko Polhukam Mahfud Md menambahkan penyelesaian sengketa tanah ini sudah dilakukan oleh Menteri ATR sebelumnya, sehingga harus dieksekusi. Dia juga menyinggung gedung di tanah sengketa itu.

"Masalah di sana ada gedung yang merupakan klaim Indobuildco dan ada beberapa karyawan itu bisa dibicarakan dengan Setneg sebagai owner yang sah, dan karyawan di sana supaya tidak gelisah, tetap bekerja seperti biasa, karena ini sama seperti kasus lain, pindah owner tapi bisnis dan sebagainya dilindungi," kata Mahfud.
 "Kuasa Hukum Pengelola GBK Minta Pontjo Sutowo Serahkan Tanah Hotel Sultan" (***)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger,
Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur - INDONESIA
Telp :  021- 836.83.83
Hotline  : 021- 0812 -1853-3128
Email: Binzar67@ g.mail.com