21 Januari 2021 | Dilihat: 47 Kali
Kapolres Jepara terkait kasus Penganiayaan yang mengakibatkan matinya seseorang TKP di Nalumsari dan Beberapa kasus Curanmor TKP di Wilkum Polres Jepara 
noeh21
 

Projustisianews.com-   Jepara, Telah berlangsung Kegiatan Konferensi Pers Humas Polres Jepara terkait Penganiayaan yang mengakibatkan matinya seseorang TKP di Nalumsari dan Beberapa kasus Curanmor TKP di Wilkum Polres Jepara. Kamis 21/01/2021.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh : 

1. Kapolres Jepara AKBP Aris Tri Yunarko, S.I.K, M.SI.
2. Kasat Reskrim Polres Jepara AKP Djohan Andika, S.E., S.I.K.
3. Kasubbag Humas Polres Jepara AKP Edy Purwanto. 

Kapolres Jepara menyampaikan sebagai berikut : 

1. *Beberapa kasus Curanmor TKP di Wilkum Polres Jepara.* : 

a. Waktu dan tempat kejadian : 

1) Tempat parkir pantai Telukawur, turut Ds. Telukawur, Kec. Tahunan, Kab. Jepara, pada hari Minggu tanggal 10-01-2021 sekira pukul 11.30 Wib. 

2) Tempat parkir Swalayan Saudara turut Ds. Langon, Kec. Tahunan, Kab. Jepara, pada hari Minggu tanggal 17-01-2021 sekira pukul 14.00 Wib. 

3) Jalan Brigjen Katamso Pinggir sungai kaliwiso turut Kel. Panggang Rt.02 Rw.03 Kec. Jepara, Kab. Jepara, pada hari Rabu, tanggal 30 Desember 2020 sekira pukul 04.00 Wib. 

b. Barang bukti : 

1) (BB TKP parkiran Pantai Telukawur) : 

a) 1 (satu) lembar STNK KBM Toyota Kijang No. Pol. K-8535-LC.
b) 1 (satu) buah kunci KBM  Toyota Kijang K-8535-LC.
c) 1 (satu) unit KBM Toyota Kijang K-8535-LC. 

2) (BB TKP Swalayan Saudara) : 

a) 1 (satu) lembar STNK KBM Toyota Kijang K-8572-K
b) 1 (satu) buku BPKB KBM Toyota Kijang K-8572-K.
c)1 (satu) buah kunci kontak KBM Kijang K-8572-K.
d) 1 (satu) Unit KBM Toyota Kijang K-8572-K. 

3) (BB TKP Kel. Panggang, Kec. Jepara, Kab. Jepara) : 

a) 1 (satu) buah BPKB No. N-01999310 a/n MUKHLISIN, S.Ag. 
b) 1 (satu) buah STNK a/n MUKHLISIN, S.Ag. 
c) 1 (satu) Unit KBM Toyota Kijang KF 52 Nopol K-9012-FL. 

4) (Sarana kejahatan) : 

a) (satu) Unit KBM Daihatsu SIGRA warna Hitam.
b) Beberapa buah Kunci T. 

c. Korban : 

1) MUSLIKIN Bin SAHURI,  40 tahun, Swasta, DS. Pulodarat RT.09/02 Kec. Pecangaan Kab. Jepara (korban TKP Lokasi parkir Pantai Telukawur). 

2) JA'FAR CHAMIM Bin KHULAINI, 45 tahun, Wiraswasta, alamat DS Bawu RT.20/04 Kec. Batealit Kab. Jepara (korban TKP Lokasi parkir Swalayan Saudara). 

3) AQROM Bin ZUBAIDI (Alm), 51 tahun, Swasta, alamat Kel. Panggang Rt.02/03 Kec. Jepara, Kab. Jepara. (korban TKP Kel. Panggang, Kec. Jepara, Kab. Jepara) 

d. Saksi – saksi : 

1) (Saksi TKP parkiran Pantai Telukawur) : 

a) INAYANTI Binti SUKAR, 30 Th, Ibu rumah tangga, DS. Pulodarat RT.09/02 Kec. Pecangaan Kab. Jepara.
b) MASRUKI, 50 Tahun, Swasta, DS. Telukawur RT.04/01 Kec. Tahunan Kab. Jepara 
c) WAGIMAN, 55 tahun, Swasta, DS. Telukawur RT.05/01 Kec. Tahunan Kab. Jepara. 

2) (Saksi TKP Swalayan Saudara) : 

a) RICKY SAPUTRA Bin RUDI PRASTOWO, 41 tahun, Scurity Swalayan Saudara, DS. Wonorejo RT. 02/01 Kec. Jepara Kab. Jepara.
b) MUJAYATI, 41 Tahun, Ibu Rumah tangga (Istri korban), DS. Bawu 20/04 Kec. Batealit Kab. Jepara. 

3) (Saksi TKP Kel. Panggang, Kec. Jepara, Kab. Jepara) : 

a) PUJI LESTARI, 45 tahun, Swasta, alamat Jl Brigjen Katamso No.29 Kel.Panggang Rt. 02 Rw. 03 Kec. Jepara Kab. Jepara. 
b) LINGGA BAGUS PURYANTO, 27 tahun, Satpam PLN, alamat Ds Mambak Kec. Pakis Aji Kab. Jepara. 

e. Tersangka : 

1) MUHAMMAD FATHONI Bin CHALIMI, 43 tahun, Swasta, alamat Ds. Sadang Rt.06/03 Kec. Jekulo, Kab. Kudus.
Peran : Sebagai eksekutor Pencurian. Dari 3 TKP yang dilakukan Tersangka dalam melancarkan aksi Pencurian dengan menggunakan cara yang sama yaitu Tersangka memasukkan kunci leter T yang sudah Tersangka modifikasi ke lubang kunci pintu depan mobil. Setelah pintu berhasil terbuka, Tersangka masuk ke dalam KBM kemudian Tersangka memasukkan kunci leter T ke dalam lubang kunci dan Tersangka memutar kunci leter T secara paksa hingga posisi ON, selanjutnya Tersangka menghidupkan mesin mobil dan membawa pergi mobil hasil curian. 

2) ALIFA DWI KRISTIYONO IRIYANTO Bin SUHARTO (Alm), 35 tahun, Swasta, alamat Ds. Jepangpakis Rt.01/01 Kec. Jati, Kab. Kudus.
Peran : Dari 3 TKP yang dilakukan Tersangka dalam melancarkan aksi Pencurian dengan menggunakan cara yang sama yaitu Tersangka mengikuti dan menunggu Tersangka 1 dari kejauhan dengan mengendarai sarana Pencurian KBM Daihatsu Sigra. Setelah Tersangka 1 berhasil, Selanjutnya Tersangka mengikuti dari belakang dengan mengendarai KBM Daihatsu Sigra. 

f. Kronologis : 

Awal mula kejadian adalah pada hari Minggu tanggal 17 Januari 2021 sekira jam 10.00 WIB Tersangka 1 menjemput Tersangka 2 dirumahnya karena sebelumnya memang sudah janjian. Selanjutnya Tersangka 1 dan Tersangka 2 berangkat ke arah Jepara dengan mengendarai KBM Daihatsu SIGRA, yang sebelumnya plat nomor kendaraan diganti oleh Tersangka 1  dengan nomor Palsu yaitu K-9438-FL. Selanjutnya Tersangka 1 dan Tersangka 2 berangkat dari Kudus ke arah Jepara melewati jalur Welahan sambil mencari barang sasaran. Karena belum dapat, kemudian Tersangka 1 memutuskan untuk mencari sasaran di halaman parkir Swalayan Saudara Tahunan, Kab. Jepara. Tersangka 1 sempat berhenti di jalan dekat Swalayan, lalu Tersangka 1 melihat 1 (satu) unit KBM Toyota Kijang Super No. Pol : K-8572-K masuk ke halaman parkir Swalayan Saudara dan saat itu Tersangka 1 dan Tersangka 2 memutuskan bahwa kendaraan tersebut adalah sasaran yang akan dicuri. Setelah kendaraan Kijang Super tersebut masuk ke halaman parkir Swalayan, selang beberapa menit Tersangka 1 dan Tersangka 2 turut masuk melewati pintu parkir. Tersangka 1 sempat melihat pemilik kendaraan Kijang Super tersebut meninggalkan kendaraannya lalu masuk ke dalam Swalayan. Selanjutnya Tersangka 1 turun dari Kbm Daihatsu Sigra dengan membawa kunci leter T, sedangkan Tersangka 2 masih stanby di dalam Kbm Daihatsu Sigra. Ketika sepi, Tersangka 1 menggunakan kunci leter T untuk membuka paksa pintu kendaraan Kijang Super tersebut. Setelah berhasil terbuka, Tersangka 1 memasukkan kunci leter T ke dalam lubang kunci secara paksa sampai posisi ON dan Tersangka 1 langsung menghidupkan mesin. Setelah itu Tersangka 1 membawa keluar kendaraan Kijang Super tersebut melalui pintu keluar parkiran depan Swalayan. Pada saat pemeriksaan karcis parkir, Tersangka 1 memberikan karcis parkir kendaraan Kijang Super K-8572-K yang kebetulan ditinggalkan pemiliknya didalam mobil, sedangkan Tersangka 2 mengikuti Tersangka 1 dibelakang dengan mengendarai Kbm Daihatsu Sigra. Setelah berhasil keluar dari parkiran Swalayan Saudara Tahunan, Jepara, Tersangka 1 dan Tersangka 2 pun langsung membawa kendaraan hasil pencurian tersebut ke rumah Tersangka 2, yang beralamat di Jepang Pakis, Kec. Jati, Kab. Kudus. 
Setibanya dirumah Tersangka 2, Tersangka 1 melepaskan stiker di body kendaraan Kijang Super tersebut dan mengganti plat nomor kendaraan dengan plat nomor palsu yang sudah Tersangka 1 siapkan sebelumnya. Selanjutnya Tersangka 1 pulang dan meninggalkan kendaraan Kijang Super hasil curian tersebut di rumah Tersangka 2. Sekitar pukul 15.30 Wib, Tersangka 1 berangkat ke Pati dengan tujuan untuk menawarkan kendaraan Kijang Super K-8572-K hasil curian tersebut kepada tukang rosok. Namun dalam perjalanan menuju ke Pati, Tersangka 1 terlebih dahulu berhasil diamankan oleh pihak Kepolisian. 

g. Modus operandi : 

Tersangka 1 sebagai eksekutor Pencurian memasukkan kunci leter T yang sudah Tersangka 1modifikasi ke lubang kunci pintu depan mobil. Setelah pintu berhasil terbuka, Tersangka 1 masuk ke dalam KBM kemudian Tersangka 1 memasukkan kunci leter T ke dalam lubang kunci dan memutar kunci leter T secara paksa hingga posisi ON, selanjutnya Tersangka 1 menghidupkan mesin mobil dan membawa pergi mobil hasil curian, Dan Tersangka 2 mengikuti dan menunggu Tersangka 1 dari kejauhan dengan mengendarai sarana Pencurian KBM Daihatsu Sigra. Setelah Tersangka 1 berhasil, Selanjutnya Tersangka 2 dengan mengendarai KBM Daihatsu Sigra mengikuti Tersangka 1 dari belakang.  

h. Kronologis penangkapan : 

Pada hari Minggu tanggal 17 Januari 2021, pukul 14.30 Wib, Unit Reskrim Polsek Tahunan mendapat laporan tentang adanya tindak pidana Curanmor KBM Toyota Kijang K-8572-K di Swalayan Saudara turut DS. Langon Kec. Tahunan Kab. Jepara, selanjutnya Unit Reskrim berusaha melakukan pencarian KBM tersebut bersama Tim Resmob Polres Jepara dan dibantu Tim Jatanras Polda Jateng, dg bermodal rekaman CCTV dan kecepatan informasi kepada Tim Resmob Jepara yg sedang bertugas di Wilkum Pati, Tim Resmob berhasil mengidentifikasi KBM Daihatsu SIGRA warna Hitam yg bisa dikenali dari pelek yang identik dengan rekaman CCTV karena plat nomor kendaraan sdh diganti oleh pelaku, setelah KBM SIGRA tersebut identik dg rekaman CCTV akhirnya Tim Resmob berupaya melakukan penggeledahan dan ditemukan beberapa kunci leter T, atas temuan tersebut Tim Resmob menginterogasi Pelaku dan akhirnya mengaku bahwa yg bersangkutan telah melakukan pencurian KBM Jenis Toyota Kijang di beberapa Lokasi di Jepara dan Kudus. 
Untuk menemukan BB Tim Resmob dibantu Jatanras Polda Jateng mengeler pelaku  ke Kudus, dan ditemukan BB KBM kijang K-8572-K (TKP  Swalayan Saudara), KBM Kijang K-8535-LC (TKP Pantai Telukawur) dan KBM Toyota Kijang KF 52 Nopol K-9012-FL (TKP Kel. Panggang Kec. Jepara Kab. Jepara). 

i. Kerugian : - 

j. Pasal yang disangkakan dan ancaman hukuman : 

Barang siapa mengambil barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum” sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman paling lama 5 (lima) tahun penjara. 

2. *Penganiayaan yang mengakibatkan matinya seseorang TKP di Nalumsari.* : 

a. Waktu kejadian : 

Terjadi pada hari sabtu tanggal 26 Desember 2020 sekira pukul 23.30 WIB. 

b. TKP ( Tempat Kejadian Perkara ) : 

Di Pos Kampling turut Dkh. Pete Ds. Bendanpete Rt. 05 Rw. 02 Kec. Nalumsari Kab. Jepara. 

c. Barang bukti : 

1) 1 (satu) buah sarung sajam berwarna coklat.
2) 1 (satu) buah topi warna merah bertuliskan Vans Antihero.
3) 1 (satu) buah kaos oblong lengan pendek warna kombinasi biru dongker dan biru laut.
4) 1 (satu) buah celana pendek kain motif batik warna coklat kombinasi. 

d. Modus operandi : 

Pelaku AHMAD EDI SISWANTO Als SEMRIWING Bin SENO PRANOTO semula minum minuman keras jenis ciu bersama dengan korban NOR HASAN Als LONDO Bin KASMUIN dan beberapa temannya, kemudian pada saat minum tersebut korban NOR HASAN Als LONDO Bin KASMUIN pergi untuk membeli rokok dan tidak kunjung kembali, selanjutnya pelaku AHMAD EDI SISWANTO Als SEMRIWING Bin SENO PRANOTO bersama dengan Sdr. JAIS Als KELNYER pergi mencari orban NOR HASAN Als LONDO Bin KASMUIN dengan membawa SPM Merk Honda Beat warna putih, dan pada saat itu pelaku AHMAD EDI SISWANTO Als SEMRIWING Bin SENO PRANOTO melihat korban NOR HASAN Als LONDO Bin KASMUIN sedang tidur di pos kampling turut Dkh. Pete Ds. Bendanpete Rt.05/02 Kec. Nalumsari Kab. Jepara, Selanjutnya pelaku AHMAD EDI SISWANTO Als SEMRIWING Bin SENO PRANOTO langsung turun dari sepeda motor dan langsung menghampiri untuk membangunkan korban NOR HASAN Als LONDO Bin KASMUIN untuk diajak minum kembali, namun karena korban NOR HASAN LONDO Bin KASMUIN tidak mau, sehingga terjadi cek cok, dan pelaku AHMAD EDI SISWANTO Als SEMRIWING Bin SENO PRANOTO langsung mengeluarkan celurit yang disimpan di pinggang dan dikeluarkan dari sarung pembungkus sajam tersebut, kemudian pelaku AHMAD EDI SISWANTO Als SEMRIWING Bin SENO PRANOTO langsung menyabetkan senjata tajam / celurit tersebut ke kaki kanan korban dan mengenal paha kanan, setelah itu korban NOR HASAN Als LONDO Bin KASMUIN sempat ingin merebut senjata tajam / celurit tersebut, akan tetapi tidak bisa, kemudian korban NOR HASAN Als LONDO Bin KASMUIN langsung PRANOTO langsung pergi dan pelaku AHMAD EDI SISWANTO Als SEMRIWING Bin SENO. 

e. Korban : 

Sdr. NOR HASAN Als LONDO Bin KASMUIN, laki-laki, 25 tahun, islam, alamat : Ds. Sidorekso Rt.06 Rw. 03 Kec. Kaliwungu Kab. Jepara 

f. Tersangka : 

AHMAD EDI SISWANTO AIS SEMRIWING Bin SENO PRANOTO. laki-laki, lahir di jepara, tanggal 03 Oktober 2000, islam, wiraswasta, alamat : Ds. Muryolobo Rt. 01 Rw. 07 Kec. Nalumsari Kab. Jepara. 

g. Kronologis kejadian : 

1) Pada hari sabtu tanggal 25 Desember 2020 sekira pukul 20.30 WIB tersangka bersama dengan temannya yang bernama Sdr. UDIN Als PENYOK, Sdr. JAIS Als KLENYER, Sdr. HENDRIK pergi menonton orgen tunggal di Dkh. Derso Ds. Sidorekso Kec. Kaliwungu Kab. Kudus, setelah pertunjukan tunggal selesai sekira pukul 22.30 WIB tersangka bersama dengan teman-temannyalangsung pulang pada saat diperjalanan tersangka bertemu dengan Sdr. NOR HASAL Als LONDO Bin KASMUIN bersama dengan 5 temannya yang tidak di kenal. 

2) Kemudian Sdr. NOR HASAN Als LONDO Bin KASMUIN bersama dengan
temannya mengajak tersangka dan teman-temannya untuk minum miras di gapura turut Ds. Bendanpete Kec. Nalumsari Kab Jepara, setelah sampai digapura sekira pukul 23.00 WIB tersangka bersama dengan Sdr. NOR HASAN Als LONDO dan teman -  temannya yang lain langsung minum, pada saat sedang minum Sdr. UDIN Als PENYOK menyuruh tersangka untuk membawa senjata tajam jenis celurit dan langsung tersangka simpan di pinggang, tidak lama kemudian Sdr. NOR HASAN Als LONDO bilang akan membeli rokok dan langsung pergi, setelah tersangka menunggu kurang lebih 5 menit tidak kunjung kembali kemudian Sdr. JAIS Als KLENYER bilang "beli rokok kok gak balik-balik", selanjutnya Sdr. JASI Als KLENYER mengajak tersangka untuk mencari Sdr. NOR HASAN Als LONDO karena minumannya masih banyak dan yang membeli minuman adalah Sdr. NOR HASAN IS LONDO, setelah itu tersangka dan Sdr. JAIS Als KLENYER langsung pergi dengan membawa SPM merk Honda Beat, warna putih, milik Sdr. JAIS Als KLENYER dengan posisi Sdr. JAIS Als KLENYER di depan dan tersangka membonceng di
belakang. 

3) Selanjutnya pada saat perjalanan tersangka menemukan Sdr. NOR HASAN Als LONDO tidur di pos kampling turut Dkh. Pete Ds. Bendanpete Kec Nalumsari Kab. Jepara dan pada saat itu juga ada beberapa orang (sekitar 4 orang) yang berada di pos kampling tersebut. 

4) Setelah itu tersangka langsung turun dari SPM dan langsung menghampiri Sdr. NOR HASAN Als LONDO yang tidur di pos kampling tersebut, kemudian tersangka langsung menarik-narik kaki dari Sdr. NOR HASAN Als LONDO untuk di bangunkan sambil berkata : 

Tersangka : AYO BALIK NENG GAPURO, JAMUNE ISEM AKEH MALAH KUWE TURU NENG KENE / ayo balik ke gapura, minumannya (miras) masih banyak malah kamu tidur disini. 

Korban : WES KONO ANGGER DI UMBE / sudah sana minumannya Korban diminum saja. 

Tersangka : CAH-CAH NGENTENI KOK/ teman-teman pada menunggu kok. 

Korban : AKU MOH, KUWE NEK NGOMONG RAK SAH BENTAK - BENTAK / aku tidak mau. kamu kalau bicara tidak usah membentak. 

Tersangka : SENG BENTAK - BENTAK SOPO yang membentak siapa?
(sambil mengeluarkan senjata tajam / celurt yang saya simpan di pinggang kanan saya, dan celurit tersebut langsung saya keluarkan dari sarung /pembungkus. 

Korban : KUWE AMEH LAPO/ kamu mau ngapain ? 

5) Selanjutnya tanpa banyak omong senjata tajam jenis celurit tersebut langsung tersangka ayunkan ke arah kaki kanan dari Sdr. NOR HASAN Als LONDO dan mengenai bagian paha kanan, setelah celurit tersebut mengenai paha dari Sdr. NOR HASAN AS LONDO langsung tersangka tarik sehingga paha kanan Sdr. NOR HASAN AIS LONDO langsung robek / terluka setelah itu Sdr. NOR HASAN Als LONDO berusaha untuk merebut senjata tajam / celurit tersebut dari tangan tersangka akan tetapi tidak bisa, sehingga Sdr. NOR HASAN Als LONDO langsung lari, dan tersangka juga ikut melarikan diri dan langsung membonceng Sdr. JASI Als KLENYER, dan setelah itu tersangka lansung pulang ke rumah untuk mengganti baju, jaket dan celana tersangka, setelah itu tersangka dan Sdr. JAIS Als KLENYER langsung pergi ke sungai pungguk turut Dkh. Petegedangan Ds. Bendanpete Kec. Nalumsari Kab. Jepara untuk membuang baju dan senjata tajam jenis celurit tersebut ke sungai, setelah itu tersangka diantarkan pulang lagi oleh Sdr. JAIS Als KLENYER ke rumah tersangka, dan setelah itu Sdr. JAIS Als KLENYER langsung pergi. 

h. Kronologis penangkapan : 

Menindaklanjuti terkait adanya laporan tersebut, selanjutnya anggota resmob Sat Reskrim Polres Jepara langsung melakukan penyelidikan untuk mengetahui keberadaan dari tersangka AHMAD EDI SISWANTO Als SEMRIWING Bin SENO PRANOTO, dan dari hasil penyelidikan ditemukan keberadaan dan pelaku yang sudah melarikan diri di wilayah Cibodas Kota Tangerang Provinsi Banten, selanjutnya anggota resmob Satreskrim Polres Jepara langsung melakukan pengejaran dan langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku tersangka AHMAD EDI SISWANTO Bin SEMRIWING BIN SENO PRANOTO. 

i. Akibat yang dialami korban : 

Dengan adanya peritsiwa penganiayaan tersebut, korban mengalami luka di bagian paha kanan, dan setelah dilakukan perawatan selama 11 hari di Rumah Sakit Mardirahayu Kudus, korban NOR HASAN Als LONDO Bin KASMUIN meninggal dunia Penganiayaan yang mengakibatkan orang meninggal dunia, sebagaimana yang 

j. Hal yang disangkakan dan ancaman hukuman : 

Penganiayaan yang mengakibatkan orang meninggal dunia, sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 351 ayat (3) KUHPidana, diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun.
Atiek PWO Jepara

Alamat Redaksi/ Tata Usah
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger, Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur