10 Januari 2022 | Dilihat: 303 Kali
Ketua BPD Malangsari Sebut Pembagian BLT DD Tahap 12 Didesa Malangsari Pelaksanaannya Molor Dan Sudah Terbiasa
noeh21
 

PROJUSTISIANEWS.COM - KARAWANG || Pembagian BLT DD tahap 12 yang seharusnya dibagikan pada bulan desember 2021, ternyata lain halnya dengan apa yang ada didesa malangsari kecamatan pedes kabupaten karawang. Pasalnya, pembagian BLT DD didesa malangsari dibagikan pada hari sabtu tanggal 08/01/ 2022. Hal tersebut benar dikatakan oleh Asmadi selaku ketua BPD desa malangsari bahwa BLT yang harusnya bulan desember tahap 12, cuman pelaksanaannya molor jadi pelaksanaan dibulan satu 2022.

Menurut sumber yang telah didapat oleh media, bahwa penerima manfaat BLT dana desa didesa malangsari adalah sebanyak 175 penerima manfaat yang meliputi empat dusun yang ada di desa malangsari. diantaranya adalah dusun munjuljaya, dusun jayasari, dusun balongsari satu, dan dusun balongsari dua. Adapun pembagian BLT yang dilaksanakan dikantor desa malangsari pada tanggal delapan januari 2022, adalah pembagian sebanyak 122 penerima manfaat yang ada didusun jayasari dan munjuljaya. Jumlah tersebut adalah sisa dari pembagian dihari sebelumnya sebanyak 53 penerima manfaat yang yang ada didusun balongsari satu dan balongsari dua. Seperti apa yang telah dikatakan oleh Burhanudin selaku sekretaris desa malangsari, bahwa desa malangsari itu ada empat dusun dengan jumlah 175 KPM. yang sekarang mendapatkan pembagian BLT dana desa adalah 122 KPM dari dusun jayasari sama munjuljaya, Kemarin dusun balongsari satu dan balongsari dua.

Akan tetapi, saat media menanyakan soal keterlambatan pembagian BLT didesanya, Burhanudin selaku sekretaris desa malangsari mengatakan teknis keterlambatan mungkin yang lebih tahu dari kepala desa, kurang tahu juga keterlambatannya karena hal apa. Saya cuman menjalankan perintah dari kepala desa. yang saya harapkan kalau bisa mungkin ini jadi suatu pelajaran juga. kenapa bisa keterlambatan, dengan alasan apapun saya kurang tahu. yang saya harapkan sesuai dengan aturan dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Ucap Burhanudin selaku sekretaris desa malangsari kepada media.

Dilain kesempatan, Usai pembagian BLT DD yang telah dilaksanakan dikantor desa malangsari, media sempat menghampiri Asmadi selaku ketua BPD malangsari. Adapun dari hasil yang didapat, dirinya mengatakan bahwa penerima manfaat BLT dana desa 175 penerima manfaat, cuman hasil musyawarah desa yang kita pegang tidak sesuai dengan pelaksanaan yang sebenarnya. Artinya, data penerima manfaat yang kita pegang sama pelaksanaan itu simpang siur, tidak sesuai. Jadi versinya versi mana yang di pakai, apakah hasil musyawarah atau versi pemerintah desa. Karena selama ini seharusnya kan mesti ada berita acara perubahan menurut saya, cuman kan kita selama ini tidak ada musyawarah, ketika kita konfirmasi tidak ada jawaban. Jelas Asmadi selaku ketua BPD malangsari kepada media. Adapun jumlah penerima manfaat, Asmadi selaku ketua BPD malangsari menyebutkan bahwa, jadi keseluruhan 175, cuman dibikin dua termen. pelaksanaan kemarin 53 penerima manfaat dua dusun, sekarang sisanya 122. pelaksanaan yang sekarang dua dusun, dusun munjuljaya sama dusun jayasari. Kalau kemarin balongsari satu dan balongsari dua. Ucapnya kepada media.

Masih kata Asmadi selaku ketua BPD malangsari, saat ditanya soal keterlambatan pembagian BLT DD didesa malangsari, dirinya menjawab saya tidak tahu. Menurutnya, kalau kita melihat pagu anggaran, anggaran dana desa terutama BLT itu kan ditahap tiga. kalau gak salah realisasinya dimalangsari itu dibulan 11, yang seharusnya direalisasikan bulan 12. Cuman berhubung molor jadi dibulan satu, itu keterlambatan, sudah terbiasa sebenarnya malangsari itu, unsur kesengajaan. Itupun mesti ramai dulu, kalau gak ramai mungkin itikadnya itikad tidak baik, tidak ada pelaksanaan. Karena secara administrasi, sekarang kan sudah akhir tahun. Secara administrasi pertanggung jawaban LPJ otomatis sudah seratus persen menurut saya karena sekarang 2022. Otomatis anggaran 2021 terutama didana desa BLT, alokasi BLT seharusnya sudah realisasi semua. Otomatis secara administrasi sudah seratus persen menyatakan, jadi menurut saya ini ada unsur kesengajaan. Ungkapnya kepada media.

Dalam pantauannya, Asmadi selaku ketua BPD malangsari berharap justru ketika kita menyampaikan teguran teguran, fungsi kita kan pengawasan, pengawasan dalam arti kinerja pemerintah desa maupun anggaran. Kita berharap kedepan tidak terulang kejadian seperti ini, tuntutan kita transfaran. Perasaan BPD dulu BPD lama bukan kita membandingkan, lebih pro aktif sekarang, lebik action sekarang. Sangat disesalkan, bukan pribadi saya mengeluarkan statement penyesalan, ini keluhan dari masyarakat. Karena kantor kami bukan hanya kantor didesa, kantor kami diwilayah desa. Ketika kita menampung aspirasi, keluhan keluhan masyarakat, sangat menyesal akan perjalanan pemerintah desa seperti ini. Makanya kedepan saya berharap tidak terulang kejadian kejadian seperti ini.

(Nay)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger,
Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur - INDONESIA
Telp :  021- 836.83.83
Hotline  : 021- 085779404274
Email: Binzar67@ g.mail.com