20 Januari 2021 | Dilihat: 71 Kali
DPR Akhirnya Bulat Menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri Baru
noeh21
 

Jakarta -  Projustisianews.com - Akhirnya semua fraksi yang ada di Komisi III DPR menyetujui Komjem Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri baru sesuai hasil Rapat Komisi III hari ini (20/1/2021)

Dari kompleks gedung MPR/DRP, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021), semua fraksi membaca pandangan mini-fraksi. Sembilan fraksi menyatakan setuju Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi 
Kapolri sebagaimana dilansir detiknews

Adapun menyetujui  Fraksi PDIP, Golkar
Gerindra, NasDem
PKB, Demokrat
PKS, PAN dan Fraksi 
PPP

Dalam rapat pandangan mini-fraksi di Komisi III ini, hadir Komjen Listyo Sigit Prabowo yang didampingi sejumlah jenderal dari berbagai angkatan. Saat membacakan persetujuan, sejumlah fraksi juga memberikan catatan kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Ketua Komisi III Herman Hery kemudian membacakan keputusan rapat. Komjen Listyo Sigit Prabowo disetujui Kapolri.

"Berdasarkan pandangan dan catatan fraksi, pimpinan dan anggota Komisi III secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Selanjutnya, ditetapkan dalam rapat paripurna terdekat dan akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan," kata Herman.

Selanjutnya, Komisi III akan berkirim surat ke pimpinan DPR untuk membawa keputusan terkait Komjen Listyo Sigit Prabowo ke rapat Paripurna

Sebelumnya, Komjen Listyo Sigit Prabowo memaparkan ingin mewujudkan Polri Presisi jika kelak menjadi Kapolri. Apa maksud Polri Presisi?

"Merupakan abreviasi dari PREdiktif, responSIbilitas, dan transparanSI berkeadilan yang kami perkenalkan sebagai konsep Polri yang Presisi. Konsep inilah yang akan mewarnai Polri ke depan," kata Listyo Sigit Prabowo dalam paparannya saat fit and proper test dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (20/1).

Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021). Komjen Listyo Sigit berjanji akan membawa Polri menjadi yang lebih baik lagi ke depannya.

Calon Kapolri pengganti Idham Azis ini berjanji, kepemimpinannya di Polri nanti tidak ada lagi hukum yang tumpul ke atas, tajam ke bawah. Sebagai contoh, Sigit menyebut kasus nenek Minah di Purwokerto yang dihukum penjara lantaran mencuri Kakao.

Ke depan bagaimana Polri untuk tetap wujudkan rasa keadilan menjadi organisasi transparan dan potret lain tentang kondisi saat ini yang harus diperbaiki. “Ke depan tidak boleh lagi hukum hanya tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas. Tidak boleh ada kasus nenek Minah yang mencuri kakao kemudian diproses hukum karena hanya untuk mewujudkan kepastian hukum,” tegas Komjen Listyo Sigit.

Bukan hanya itu, ke depan lanjut Listyo tidak boleh ada lagi seorang ibu melaporkan anaknya, kemudian ibu tersebut diproses dan sekarang sedang berlangsung prosesnya dan 

Janji Listyo Sigit, ke depan tidak boleh lagi ada kasus-kasus seperti di atas atau kasus-kasus lain yang mengganggu rasa keadilan di tengah kalangan masyarakat. “Penegakan hukum memang harus tegas, tapi tetap dalam garis humanis,” ujarnya.(***)

Alamat Redaksi/ Tata Usah
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger, Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur