12 Maret 2019 | Dilihat: 165 Kali
Komunitas Literasi "Mimpi" Ketemu Presiden
noeh21
Komeng, Ketua Komunitas Literasi Babel
 

Pangkalpinang, Projustisia News - , Komunitas Literasi Bangka Belitung (Babel) akhir-akhir ini menjadi viral dan menjadi perbincangan hangat dikalangan pegiat literasi dan pecinta kopi karena programnya Reading Corner Warkop di resmikan langusung oleh Menteri Pendidikan Indonesia Muhadjir Effendy pada tanggal 31 Januari 2019 yang lalu di salah satu warung kopi di Kota Pangkalpinang.

Dikatakan, Ketua Komunitas Literasi Bangka Belitung bahwa saat ini berbagai program yang menarik sedang dalam proses persiapan. Kenapa kita harus merancang program yang menarik karena dalam rangka mencuri perhatian masyarakat khususnya generasi milenial Babel untuk gemar baca buku dan menulis karya literasi.

"Kita harus rancang program yang menarik perhatian milenial agar gemar baca buku dan menulis karya. Kalau tidak menarik maka kita tidak bisa mencuri perhatian generasi milenial, bisa kalah dengan perhatian yang di tawarkan dunia internet," ungkap Feryandi yang biasa disapa Komeng yang juga penulis buku ini.

Kita bermimpi, ingin bertemu Presiden Jokowi suatu saat nanti bicara soal penguatan literasi. Mimpi kita ketemu menteri pendidikan dan kebudayaan sudah dikabulkan, tinggal mimpi kita dari Komunitas Literasi Bangka Belitung ketemu Presiden yang belum terkabul.

"Ada satu pertanyaan yang ingin kita sampaikan kepada Presiden, jika suatu saat nanti kita bertemu," harap Komeng yang sudah 12 tahun sebagai pegiat literasi.

Sebelumnya, Komunitas Literasi Babel sudah melakukan audiensi, koordinasi serta silahturahmi dengan berbagai pihak seperti Ketua DPRD Babel, Gubernur Babel, Walikota Pangkalpinang, Kapolda Babel, Direktur SDM dan Umum PT Timah Tbk, Kepala Dinas Pendidikan Babel, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Forum Komunikasi Direksi BUMN Babel, Kepala Kantor Bahasa Babel, Kepala LPMP Babel, Dekan FE UBB dan penerbit buku serta masyarakat yang peduli terhadap penguatan literasi.

Saat ini, ada 48 pengurus Komunitas Literasi Babel dengan jumlah anggota 940 orang terdiri dari berbagai profesi dan pendidikan, dari mulai tukang parkir, buruh harian, pelajar, mahasiswa, guru, dosen, birokrat, politisi, wartawan, desain grafis, redaktur, pensiunan PNS, karyawan BUMN/Swasta, wirausaha, perawat, bidan bahkan ada juga polwan.

Walaupun sampai saat ini, Komunitas Literasi Babel belum memiliki rumah literasi atau sekretariat yang tetap tapi jiwa raga kami tetap semangat dalam bekarya dan mengajak orang untuk rajin baca buku, ujar Komeng yang juga Ketua IPJI Babel ini.

Kita berharap, bantuan donasi buku maupun rak buku dari masyarakat selama ini, serta perjuangan sahabat-sahabat komunitas literasi dalam rangka penguatan literasi mendapatkan berkah. (Komeng/**)

Alamat Redaksi/ Tata Usah
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger, Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur