16 Mei 2024 | Dilihat: 27 Kali
PLN Gunung Putri : PLN Memberi Kemudahan Untuk Menggunakan EV Di Tengah Tingginya Amino Masyarakat Ke Kendaraan Listrik
noeh21
 

Kabupaten Bogor,  PT PLN (Persero)  mendukung penuh langkah Pemerintah membangun ekosistem EV. Dalam hal ini, PLN telah melaksanakan  pembangunan infrastruktur kendaraan listrik seperti penyediaan charging station yang tersebar di berbagai daerah.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan bahwa minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik semakin meningkat. Oleh karena itu, PLN menjawab kebutuhan itu dengan menyediakan fasilitas SPKLU di setiap titik strategis dan seluruh rest area tol . Tingginya animo masyarakat tercermin dari meningkatnya jumlah transaksi dan konsumsi listrik SPKLU.
“Kami sangat serius untuk mengakselerasi infrastruktur kendaraan listrik di tanah air di tengah animo masyarakat yang kian tinggi dalam menggunakan kendaraan listrik. Untuk itu, PLN menjawab kebutuhan itu dengan terus menambah penyediaan fasilitas SPKLU di setiap titik strategis, seperti rest area tol,” kata Darmawan.

Sampai hari ini tercatat telah ada 1.370 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), 9.886 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dan 2.182 Stasiun Penukaran Baterai Listrik Umum (SPBKLU).

“PLN juga berinovasi mengembangkan 2.000 unit SPKLU pada tiang listrik (Pole Mounted) yang tersebar di seluruh Indonesia,” ungkap Darmawan.

Selain itu, Darmawan juga memaparkan infrastruktur non fisik yang telah dikembangkan PLN. Dalam hal ini PLN menghadirkan fitur EV Digital Services (EVDS) di Super Apps PLN Mobile.

Di Bandung, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat Susiana Mutia  menyampaikan bahwa  PLN Jawa Barat berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik termasuk memasifkan pembangunan SPKLU demi mendukung program transisi energi. Kami  berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam penyediaan infrastruktur kendaraan listrik  untuk  memudahkan penggunaan EV di Jawa Barat

Susiana menjelaskan saat ini,   total  terdapat 200 SPKLU di Jawa Barat yang tersebar di 141 lokasi di 27 Kab/Kota, diantaranya terdapat  68 SPKLU yang berlokasi di Rest Area yang   siap melayani pengguna EV.

Di Gunung Putri, Manager PLN Gunung Putri Alamsyah Anwar menjelaskan bahwa saat ini masyarakat tak perlu khawatir bila ingin beralih ke kendaraan listrik, selain telah tersebar  charging station di setiap lokasi strategis juga didukung oleh infrastruktur non fisik yang di kembangkan oleh PLN pada aplikasi PLN Mobile.

Melalui fitur EV Digital Services (EVDS) PLN memudahkan para pengguna EV untuk mengetahui keberadaan charging station terdekat, layanan test drive, mengajukan pemasangan layanan home charging, marketplace untuk membeli EV, hingga mengatur rencana perjalanan jauh. Menu Trip Planner pada PLN Mobile  akan otomatis memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui sesuai rute perjalanan.

Bila masyarakat mebutuhkan informasi terkait  fitur EVDS, Helpdesk SPKLU di Aplikasi PLN Mobile siap membantu atau dapat melalui WA ke 087771112123,”pungkas Alamsyah.J

Alamat Redaksi/ Tata Usaha
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger,
Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur - INDONESIA
Telp :  021- 836.83.83
Hotline  : 021- 0812 -1853-3128
Email: Binzar67@ g.mail.com