14 November 2022 | Dilihat: 83 Kali
Presiden Jokowi Buka KTT G20
noeh21
 

Bali, Nusa Dua, Indonesia, Projustisianews.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, akhir dibuka Presiden Jokowi sebagai Presiden G20  15 November 2022 dihadiri 17 kepala negara dan  3 negara, berbagai tamu kehormatan internasional, sekjen PBB, Presiden ILO.

Sebagai dirilis, sebelumnya Presiden Amerika Serikat Joe Biden Dan Prediden China Xi Jinping sudah ada di Bali  menghadiri .KTT G 20.

Bahkan Joe Biden sudah mengagendakan pertemuan bilateral dengan Presiden Jokowi sebelum digelar pembukaan G 20.

Sementara dari Kantor Kemenlu menyebut ada 3 pemimpin negara anggota G20 tak akan menghadiri KTT pemimpin Rusia, Brasil, dan Meksiko.

Pertemuan dengan Presiden Biden sekaligus mengawali rangkaian pertemuan bilateral 17 Kepala Negara  yang akan bilateral dengan Presiden  Jokowi selama pelaksanaan KTT G20.

Presiden Jokowi dengan Presiden AS, Joe Biden dan 16 pimpinan negara akan  pertemuan khusus dengan Presiden Jokowi selain pembahasan ekonomi internasional juga persoalan yang krusial untuk perdamaian dunia.

Kehadiran Presiden AS, Joe Biden, pengawal ketat dan khusus dilakukan pihak pemerintah AS melihat situasi KTT G20 . dengan ketidak hadiran Presiden Rusia, Putin


Dari Kementerian Komunikasi dan Informasi menyiarkan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, para kepala negara dan kepala pemerintahan berdatangan di Bali. Dua pemimpin negara besar dunia yang tiba antara lain Presiden Cina Xi Jinping dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.

"Semua lancar,tidak ada yang melenceng dari jadwal yang sudah ditetapkan," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (IKP) Usman Kansong, kepada Tim Komunikasi dan Media, Senin (14/11/2022). 

Presiden Xi Jinping mendarat di Ngurah Rai sekitar pukul 15.45 WITA diikuti oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Sementara Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak tiba pukul 18.46 WITA.

Sebelum kedatangan tiga kepala pemerintahan di atas beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan anggota G20 lainnya juga telah tiba, antara lain Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Presiden Argentina Alberto Fernandez, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni.Sementara kepala negara yang menjadi undangan KTT G20 juga beberapa tiba di hari yang sama. Antara lain Presiden Senegal Macky Sall, Presiden Suriname Chandrikapersad Santokhi, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Persatuan Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, dan Presiden Spanyol Pedro Sanchez.

Dalam waktu yang hampir bersamaan juga tiba pimpinan lembaga dunia seperti Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva, Presiden Uni Eropa Charles Michel, Direktur Jenderal WTO Ngozi Okonjo-Iweala, dan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Pemimpin negara anggota G20 lainnya yang masih ditunggu kehadirannya; Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri India Narendra Damodardas Modi dan Perdana Menteri Saudi Arabia Mohammad bin Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Kedatangan ketiganya akan memenuhi 17 dari 20 kepala negara anggota G20 yang telah mengonfirmasi kehadirannya di KTT G20.  

“Itu hal yang wajar karena pada setiap penyelenggaraan KTT selalu ada negara yang berhalangan hadir dengan berbagai alasan,” kata Usman.

Sehari sebelumnya sebagain delegasi sudah hadir antara lain Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, Presiden ADB Masatsugu Asakawa, Ketua WEF Klaus Martin Schwab, Presiden IsDB Muhammad Sulaiman Al Jasser, Direktur Jenderal ILO Gilbert F. Houngbo, Menteri Luar Negeri Mexico Marcelo Ebrard Casaubon, serta Menteri Urusan Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. 
(***)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger,
Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur - INDONESIA
Telp :  021- 836.83.83
Hotline  : 021- 0812 -1853-3128
Email: Binzar67@ g.mail.com