24 Februari 2021 | Dilihat: 238 Kali
SMKN 1 Cileungsi Siap Mendukung Pembelajaran Daring. Paska Pandemik Covid
noeh21
Kepsek Meisye Yeti. S.Si, M.T.
 

Kabupaten Bogor,  Projustisianews.com - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cileungsi  siap mendukung proses pembelajaran jarak jauh dengan metode Daring (virtual) tetap mengikuti protokol Kesehatan (Prokes)  baik yang diatur Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Peraturan Bupati Bogor dan juga Peraturan Gubernur Jawa Barat. 

Demikian Kepala sekolah (Kepsek) Meisye Yeti, S.Si, MT kepada Projustisianews.com yang didampingi Wakasek Hadi Koeswara, ST, MPd dan Ferry Abdullah M.  ST,  MPd di ruang kerjanya, minggu ini. 

Kepsek Meisye menyebut SMKN 1 Cileungsi dalam penyelenggaraan Daring sekolah melaksanakan sistim digital website.  Dimana mengajar dengan sistim digital membantu proses mengajar yang bisa dilakukan secara virtual dan zooming cepat dan terpadu. 

Metode sistim digital juga ini cakupannya lebih luas dan terintegrasi sehingga antara anak didik,  wali kelas dan kepsek serta dikordinasi para wakasek memonitoring, evaluasi dan pelaporan cepat.

"Memang permasalahan dalam penerapan sistim digital ini yang utama yaitu sering terjadi ganguan jaringan," kata Kepsek Meisye apalagi bila cuaca musim hujan maka jaringan teknologi digital sangat lemah sehingga mengganggu efektivitas belajar jarak jauh daring ini. 

Kepsek juga menyebut pandemik covid membuat dunia berubah termasuk dunia pendidikan.  Perubahan itu baik dalam konsep dan minset, menyusun program sekolah dan juga metode pengajaran pendidikan. "Tapi  penyelenggara pendidikan SMKN 1 Cileungsi tetap optimis kejadian pandemik  covid 19 memberi pelajaran berharga dan kita berhasil dengan optimal untuk dunia pendidikan metode baru ini," ungkap Kepsek Meisye. 
Memang banyak berubah dari pola dari belajar tatap muka ke sistim daring dan digital.
Tentunya untuk mengimbangi perubahan ini agar memperoleh hasil yang maksimal sekolah menerapkan  metode mengajar dengan Working Flaxible Arresemment (WFA) dimana guru sebagai pengajar dengan pengaturan waktu dan skedule dengan mengutamakan belajar dengan metode Work From Home (WFH) atau mengajar dari rumah. 

Tapi bilamana suatu waktu pimpinan baik Kepsek dan Wakasek minta keharian guru atau wali kelas wajib hadir kesekolah dan tidak boleh ditolak kecuali dengan alasan darurat. 

Sementara itu untuk menjaga psikologis anak selalu berkomunikasi dengan wali murid selama proses belajar daring.  "Jadi sekolah membantu kendala terhadap anak, kita membuka ruang konsultasi dan kita selalu monitoring perkembangan anak," timpal Ferry dan mengakui metode belajar daring membawa efek yang membuat anak mungkin tertekan.

 "Tekanan itu ke peserta didik atau siswa diantaranya siswa susah menangkap  pelajaran membuat bingung dan panik. 
" Bila hasil monitoring perlu pelajaran tatap muka kita buka ruang konsultasi tapi dengan prokes ketat," jelas Ferri.

Sekolah juga selalu komunikasi dengan orangtua murid melalui wali kelas. 
" Bila ada kendala dibantu Guru Bimbingan Konsoling (BK) dan ketua jurusan dengan kordinasi dengan wakasek dan pengendalian utama oleh Kepsek sebagai penanggungjawab. 

Ferri berharap kesulitan belajar Daring dengan membuat ruang belajar terbatas  agar permasalah pelajaran sulit dapat diatasi. 

Dilain sisi kondisi prasana sekolah SMKN 1.Cileungsi paska covid sekolah dijaga tetap baik. 
Menurut Humas Hadi kondisi fasilitas disekolah baik dan rapi, tetap terjaga dan terawat, bersih, dan apik.

"Kita sudah membuat sarana wastafel  disetiap kelas dab juga ruang TU serta di ruang penerima tamu,  dengan tetap ketersedian air dan disenfektan agar setiap orang berkunjung ke sekolah bisa mencuci tangan," Kata Humas Hadi. 

Setiap kali ada kegiatan disekolah kita selalu melakukan penyemprotan ruangan baik sebelum atau sesudah rapat dan kegiatan. 

"Selain membuat rambu - rambu peringatan sekolah SMKN 1 Cileungsi juga memiliki ruang isolasi yang multifungsi. 
" Dimana ruangan ini bila ada ganguan dan kondisi darurat sekolah meliliki ruang isolasi yang steril sehingga penyebaran covid bisa dieliminir dan tidak meluas. 

Kepsek sebagai ketua gugus covid SMK 01 Cileungsi terus mengingatkan semua pihak agar tetap menjaga prokes dan sosialisasi sukses dilakukan pengajaran yang lebih luas dan terintegrasi sehingga antara anak didik, wali murid serta wali kelas dan kepsek bersama Wakasek dapat aktif memonitoring belajar daring ini.  (Dani/**)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger,
Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur - INDONESIA
Telp :  021- 836.83.83
Hotline  : 021- 0812 -1853-3128
Email: Binzar67@ g.mail.com