16 Oktober 2020 | Dilihat: 62 Kali
Awasi Pilkada, Bawaslu Kendal Gandeng Media.
noeh21
 

Projustisianews.com-Kendal. Setelah sukses melakukan Penertiban Alat Peraga Kampanye ( APK) Pasangan Calon ( Paslon)  Bupati dan Wakil Bupati Kendal, kini Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kendal menggandeng media untuk turut  mengawasi Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) Kendal yang dikemas melalui giat Rapat Tehnis dengan Media yang digelar di Hotel Sae Inn Kendal. ( Jum'at, 16/10). 
Hal ini sebagaimana disampaikan Ketua Bawaslu Kendal,  Odilia Amy Wardayani bahwa digelarnya acara ini untuk mengawal jalannya Pilkada yang jatuh pada 9 Desember 2020 berjalan dengan lancar. 

 " Kami bekerja tidak bisa sendiri dalam melakukan pengawasan. Namun harus melibatkan media,"ungkapnya.
Dan Odilia juga  meminta, pers harus ikut juga mengawal jalannya pilkada ini secara  Independen dalam pemberitaannya. 
Sementara itu Sekretaris Kominfo Kendal, Rini Utami, berjanji akan turut  membantu penyebaran informasi terkait pelaksanaan Pilkada 2020 ini kepada masyarakat," 
Kami  meminta  insan pers untuk ikut mensukseskan jalannya Pilkada ini dengan membuat berita yang proporsional agar tidak menyesatkan masyarakat, termasuk para  pendukung cabup- cawabup untuk bisa memanfaatkan media sosial dengan baik,  jangan sampai memberikan informasi yang salah dan jangan memfitnah calon lain agar tidak terjerat Undang- undang ITE," tandasnya.
Dalam Pantauan Media ini, memang Bawaslu menjelang pesta Pilkada Kendal Tahun 2020 ini terlihat getol melakukan pengawasan dan kantornya pun  selalu ramai dengan beberapa stafnya yang beraktivitas dibeberapa ruangannya. Dan  awak media pun yang berkunjung kesana,  tidak terlalu sulit untuk mendapat informasi dari Bawaslu, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid 19. Disamping pengawasan Melalui Media, kabarnya Bawaslu juga mempunyai salah satu komunitas untuk ikut mengawasi Pilkada Kendal yaitu Garasi ( Gerakan Rakyat Mengawasi) yang terdiri dari berbagai komponen masyarakat yang  diberikan pelatihan dan tersebar dihampir seluruh Desa se Kabupaten Kendal. Namun kendati pun demikian hingga kini Bawaslu Kendal belum banyak menemukan pelanggaran yang signifikan atas kinerjanya selama ini, kecuali hanya 1 ( satu ) orang ASN yang terindikasi tak netral di Pilkada dan ribuan APK Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kendal yang dinilai menyalahi aturan. Padahal Dana yang digelontorkan untuk Bawaslu Kendal diperkirakan mencapai Rp 11 Miliaran sebagaimana terungkap di Rakor Kesbangpol dan LSM Kendal beberapa waktu lalu. ( TIM)

Alamat Redaksi/ Tata Usah
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger, Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur