14 Januari 2022 | Dilihat: 384 Kali
Ir.Mulya Karyadi Pemerhati Masyarakat Beltim, mengajak semua lapisan masyarakat di Beltim, mengawal sektor ekonomi rakyat terutama sektor pertambangan rakyat.
noeh21
 

Manggar-Beltim, Projustisianews.com – Ditemui di tempat kediamannya di Kota Manggar Belitung Timur, lelaki berperawakan sederhana, pada Jum’at 14 Januari 2022, menerima kedatangan awak media Projustisia.com.

Dalam bincang bincangnya, Ir. Mulya Karyadi atau lebih kerap dipanggil dengan singkatannya MK, menuturkan hasil pengamatannya terhadap dunia tambang timah, khususnya yang dilakukan oleh Rakyat di Belitung Timur.

MK mengatakan, bahwa memang kita sekarang ini secara global sedang sulit sulitnya secara perekonomian, untuk itu semua sektor harus dijaga dan dibangkitkan agar kita tidak terperangkap dalam keterpurukan dan menurut pengamatannya, Beltim harus banyak banyak bersyukur masyarakatnya, karena dianugerahi oleh yang maha kuasa, berupa berkah kandungan bijih timah.

Seluruh sektor potensi untuk kemajuan Beltim dan lapangan pekerjaan untuk rakyat hrs dikawal agar  bermanfaat dan mengikuti sesuai peraturan undang undang yg berlaku dan flexible dgn kearifan lokal, dan Negara sudah mengatur aturan seluruh bidang investasi diberbagai sektor.

Pemerintah untuk seluruh sektor tanpa kecuali tambang, perkebunan, wisata, perikanan, industri dst., rakyat hrs punya keilmuan yg luas dan tidak ego sektor Dgn menolak sektor tertentu.

“ Tambang timah saat ini adalah sektor ekonomi rakyat dibabel yg tiada tandingan dalam omset per bulannya, walau sektor lain bergabung tetap sektor tambang timah terbesar dalam omset per hari atau perbulan” ujar MK.

Terkait dengan hangatnya isyu yang merebak antara lingkungan hidup dan Pertambangan rakyat dan berakibat stopnya tambang rakyat di hampir semua area di Beltim, MK menanggapinya agar Seluruh sektor harus didukung tanpa kecuali dalam win win solution.

“ Orang2 yg Ego sektor perlu diberi pemahaman dan solusi untuk maju bersama, termasuk kelompok lingkungan tidak boleh ego hrs bekerjasama antar sektor untuk maju bersama dalam mengawal lingkungan paska tambang timah” jelas MK dengan gaya santainya.

Tak Cuma itu, lelaki yang bertitel Insinyur ini pun mengatakan bahwa saat ini Semua orang takut bicara tambang timah apalagi bicara tambang timah laut Beltim,  semua takut padahal butuh, apalagi mau pilkada semua takut tidak terpilih, banyak yg malu2 tapi duit dari tambang timah butuh, tidak ada yg berani membangun konsep dari Modal tambang Karena takut lingkungan dan takut tidak terpilih, yg berani bicara tambang hanya panglima Astrada, Datuk Panglima Negeri Serumpun Sebalai di Babel saja.

“Berapa kekuatan sektor wisata ,berapa kekuatan sektor perikanan ,berapa kekuatan sektor pertanian, dalam memberi kontribusi pendapatan di Beltim ?dan mendorong perputaran uang ke sektor lain saat ini kecuali dari sektor tambang timah dan tambang timah rakyat salah satu kekuatan dalam memberikan pergerakan ekonomi rakyat saat ini, puluhan milyar bahkan ratusan milyar setiap hari uang ada disejumlah tangan  rakyat penambang yg diputarkan ke sektor lain dalam transaksi dagang” tambah MK mulai bersemangat.

Masih menurut MK, Tambang timah bisa menjadi modal dasar dalam percepatan pembangunan sektor usaha lain menuju paska tambang.
 (Irwansyah)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger,
Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur - INDONESIA
Telp :  021- 836.83.83
Hotline  : 021- 085779404274
Email: Binzar67@ g.mail.com