15 November 2020 | Dilihat: 32 Kali
Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok Terbakar, Armada BPBD siap Siaga
noeh21
 

LOMBOK TIMUR, NTB, Projustisianews.com - Bukit Anak Dara Dusun Lebak, Desa Sembalun Lawang, kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terbakar yang diperkirakan pukul. 14.00 Wita, Jumat, 13 November 2020.

Bukit tersebut merupakan kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) terbakar diduga akibat dampak dari kekeringan dengan terikan matahari.

Meskipun medan yang terjal dan sulit menjangkau titik api yang semakin meluas, namun berbagai pihak terkait masih melakukan upaya pemadaman. Karena wilayah bukit di lereng Gunung rinjani itu mengalami kekeringan dan mudah terbakar dan bisa menjalar ke balai adat setempat.

Dalam peristiwa tersebut untuk sementara tidak ada korban jiwa, namun berpotensi akan meluas hingga ke bale pangan Sembalun.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Lombok Timur, Iwan Setiawan telah melakukan upaya pemadaman di Padang Savana Bukit Anak Dara yang mengalami kebakaran.

Dia langsung mengerahkan petugas dengan logistik dan kemampuan yang tersedia untuk memadamkan kobaran Api di wilayah itu.

“Kita lagi berupaya dengan sangat serius untuk pemadaman api ini meskipun medannya sulit. Untuk pemadaman api di daerah ini tidak bisa dijangkau langsung oleh mobil, bukan seperti memadamkan rumah. Dan saat ini titik apinya sudah meluas. Meski demikian, sampai malam ini, mobil Damkar tetap disiagakan,” kata Iwan Setiawan, Jumat, 13 Novemeber 2020.

Pihaknya melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mempercepat penanganannya, karena untuk memadamkannya butuh teknologi atau alat yang memadai agar bisa menguasai api.

“Namun teknologi itu kita belum punya. Akan tetapi sampai saat ini kami terus berupaya mencari pola yang efektif memadamkan api. Kami sudah berkoordinasi juga dengan semua pihak, termasuk BPBD Provinsi dan besok kita akan turun melihat lokasi,” kata Kabid Darurat.

Meskipun Tim Pemadam Kebakaran tidak mampu menjangkau, namun BPBD telah menyiapkan armada yang siap siaga jika tidak ada solusi memadamkan api di lokasi itu, maka dirinya akan menggunakan penanganan semampunya dengan cara manual bersama dengan para relawan atau masyarakat.

“Kita pakai pola lama dalam memadamkan api dengan menyemprotkan secara manual karena selain belum punya teknologi, kendaran kita kesulitan menjangkau lokasi,” tegasnya.

Terkait dengan kemungkinan terburuk, api meluas sampai ke rumah penduduk, pihaknya tidak bisa memastikan, meski pemukiman jauh dari Bukit Anak Dara.

“Kita tidak bisa prediksi, karena situasi alam terutama angin yang kencang, namun karena jauh dari rumah penduduk semoga tidak terjadi,” katanya.

Dia juga berharap ada air hujan yang turun sehingga api cepat padam. 

“Kami minta kepada semua warga untuk berdoa agar malam ini, di wilayah Sembalun, khusunya Bukit Anak Dara diturunkan hujan lebat sehingga api segera padam,” ujarnya. (Rji)

Alamat Redaksi/ Tata Usah
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger, Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur