22 Februari 2019 | Dilihat: 218 Kali
Polres Magelang Meriahkan Hari Sampah Nasional 
noeh21
Kegiatan Hari Peduli Nasional di Malang
 



Magelang,  Projustisia -  Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Kepolisian Resor Magelang Polda Jawa  Tengah melangsungkan Upacara sekaligus bersih bersih di Terminal Borobudur Kabupaten Magelang ( 22/2 ).


Dalam Siaran persnya,  Upacara Hari Sampah itu diawali pada  pukul. 07.00 WIB, dipimpin langsung oleh Kapolres Magelang.

Juga diikuti  Wakapolres Magelang Kompol Eko Mardiyanto, Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Kasie, Perwira, Bintara, ASN  Polres Magelang dan Bhayangkari.


Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho, SIK, dalam sambutanya mengatakan Upacara Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari, untuk tahun ini mengambil thema    " Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat dan Berguna " katanya.

" Peringatan ini kita menengok tragedi empat belas tahun yang lalau tepatnya 21 Februari 2005, dimana 157 jiwa melayang tergulung tumpukan sampah dan dua Kampung hilang dari peta karena longsoran sampah dari tempat pembuangan ahkir Leuwi Gajah, Ceredu, Kota Ciamis, tepatnya persis senin dini hari.

Longsoran dari berbagai sampah anorganik tersebut bagaikan bak Gelombang Tsunami setidaknya mirip Tsunami, yang meluluh lantahkan kampung Cilimus dan Pojok, Pemukiman yang penuh kehidupan itu langsung luluh lantak walaupun berjarak satu km dari gunungan sampah tersebut, maka hal itu bida buat pelajaran kita, dan kita sikapi dengan bijak," imbuhnya.


Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan bahwa dengan mengambil pengalaman itu marilah bersama sama kita Membangun bersama kehidupbersih, dan sehat melalui pengelolaan sampah adalah gaya hidup baru masyarakat Kabupaten Magelang.

Marilah kita selalu mendorong budaya bersih, sehat, dan  produktif sebagai modal sosial yang terus menerus perjuangkan dalam kehidupan masyarakat, sosialisasikan dan  edukasi kepada masyarakat perihal dinamika mengatasi sampah sejak dari sumbernya.

" Di Kabupaten Magelang sendiri telah mengambil inisiatif dan mengambil langkah Inovatif berkembang sangat baik terlebih lagi dari masyarakat Grassrot komunitas,"  pungkasnya.

Selesai upacara dilanjutkan bersama sama membersihkan atau memungut sampah di kawasan sekitar terminal Borobudur Magelang. (Tim/**)

Alamat Redaksi/ Tata Usah
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger, Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur