02 Agustus 2022 | Dilihat: 29 Kali
SDN Cileungsi 01  Siap Laksanakan Merdeka Belajar
noeh21
Kepsek Nana Mulyana , MPd.
 

Bogor, Projustisianews.com - Sekolah Negeri (SDN)Cileungsi 01 siap melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Tahun ajaran 2022.

"Untuk IKM tahun 2022 kita pilih Merdeka Belajar dengan masih menerapkan Kurikulum Tigabelas (Kutilas)," ujar Kepsek SDN Cileungsi, Nana Mulyana , MPd diruang kerja, minggu ini. 


Siswa SDN Cileungsi 01dalam Merdeka Belajar 

Menurut Kepsek Nana, pelaksanaan  Kurikulum di SDN Cileungsi 01 diprioritaskan masih Penerapan Proyek Penguatan  Profile Pelajar  Pancasila (P5). 

Untuk implementasi  Merdeka Belajar ini SDN Cileungsi 01 baru -baru ini melaksanakan Kegiatan Kreavitas siswa dalam Perayaan Tahun Islam. Dalam kegiatan perayaan kerohanian ini,  sekolah melaksanaan pawai yang dibagi dua kelompok yaitu Kelompok Kecil terdiri dari siswa kelas 1,2,3 dan Kelompok kedua Kelas Besar untuk kelas 4,5,6.

Dengan penerapan  P5, siswa didik  dengan bimbingan para guru melaksanaan nilai-nilai kesetiakawanan siswa sekaligus mendalami keimanan dengan berpegang Cinta Tanah Air. 

"Semua anak didik kita libatkan dalam perayaan ini  baik muslim dan non muslimin dalam menanamkan kerukunan umat beragama, " ujar Kepsek Nana yang juga Ketua PGRI Kecamatan Cileungsi ini. 

Guru SDN cileungsi 01 Siap Laksanakan Merdeka Belajar. 

Kesiapan guru -guru di  SD Cileungsi baik negeri dan swasta dalam  mengimplementasikan IKM Merdeka Belajar tahun 2022 dilaksanakan setelah sekolah tersebut  mendaftarkan diri  Kurikulum Merdeka melalui Sistim online Mendiknas.  Selanjutnya,  dengan dukungan Dinas Pendidikan dan K3S setiap guru-guru dan kepsek  di Cileungsi baru -baru ini,  telah diberi pembekalan tentang Metode pengajaran baru Kurikulum Merdeka Belajar.

"Alhamdulilah,  SDN Cileungsi 01 tidak kesulitan dalam  menerapkan Kurikulum baru ini,  semua berjalan lancar, " ujar Kepsek Nana yang juga Kasie Pembinaan K3S Cileungsi ini. 

Menyambut tahun ajaran 2022 dalam penyusunan program kerja sekola (RKS), telah menyusun pengadaan  buku dengan tematis Merdeka Belajar, selain itu teknologi informasi dalam di SDN Cileungsi 01 dalam pengajaran guru telah dibekali peralatan laptop dipakai setiap kelas dan juga penyedian  jariangan Wife 58 Bite. 

"Kami yakin kesiapan SDN Cileungsi 01 menyambut Kurikulum Merdeka yang akan diterapkan pada 2024 siap dilaksanakan sesuai kebijakan baru pemerintah dan sekolah  terus melakukan pembekalan terhadap guru, " tandas Kepsek Nana. 

Mengenai perubahan kurilukum dari Kutilas ke Merdeka Belajar adalah proses yang wajar karena adanya pembaharuan dunia pendidikan sekali sepuluh tahun.  Sebagai Ketua PGRI Kepsek Nana berharap guru -guru di Cileungsi tidak perlu kaget tapi terus berinovasi dan kreatif karena sebenarnya Implementasi Kurikulum Merdeka mudah dan menyenangkan. 
(Red/**)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger,
Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur - INDONESIA
Telp :  021- 836.83.83
Hotline  : 021- 0812 -1853-3128
Email: Binzar67@ g.mail.com