22 September 2022 | Dilihat: 41 Kali
SMK Muhammadiyah 3 Cileungsi Cetak Siswa Didik Menjadi Usahawan Muda 
noeh21
Kepsek Ahmad Fadholi, MPd.
 

Bogor Projustisianews.com - Sekolah Menengah Kejuruan Muhamadiyah 3 Cileungsi berkomitmen menelorkan siswa yang mandiri dengan mengembangkan  interpeunership membentuk usahawan muda. 

Ada  tiga target pencapaian pembelajaran di SMK Muhamadiyah  3 Cileungsi bagi siswa didik yang  pertama, setelah lulus dari SMK, anak didiknya bisa mandiri dengan  menciptakan lapangan kerja dengan menjadi usahawan muda.



"Kedua, siswa didik bisa berpeluang besar memasuki bursa kerja  industri dan perusahaan  dan ketiga lulusan diharapkan siswa didik  bekerja atau sambil bekerja ," demikian Kepsek SMK Muhammadiyah  Cileungsi 3 Cileubgsi, Ahmad Fadholi, MPd diruang kerjanya Rabu (12/9/22).

Perubahan paradigma pendidikan SMK Muhammadiyah 3 Cileungsi juga seiring dengan rencana pemerintah menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Dengan jiwa kemandirian menjadi pilot projek Profile Pancasila sekaligus  melihat perkembangan di dunia bursa sekarang ini.

Kepsek Fadholi mengakui persaingan dalam meraih  lapangan kerja yang dihadapi siswa didik kedepan semakin kompetitif terlebih  lulusan siswa SMK terbatasnya ketersediaan lapangan kerja.

Menurut Kepsek Fadholi,  lulusan siswa SMK baik negeri maupun  swasta di Kabupaten Bogor makin tahun makin besar. Dari data informasi di Kabupaten  Bogor ada 382 sekolah SMK . "Jadi  kalau setiap tahun ajaran sekolah SMK  meluluskan 100 siswa berarti  perlu penyediaan lapangan kerja bagi 38.500 orang," ujar Kepsek muda kelahiran 1978 ini.

"Melihat Kebutuhan  lapangan kerja makin  bertambah tersebut membuka pengangguran apalagi  kondisi makin mempersulit lulusan SMK karena ada tambahan lapangan kerja bagi  lulusan dari SMA, " ujar Kepsek Fadholi sebelumnya Kepsek di SMK Muhammadiyah 2 Cileungsi ini.

Melihat tantangan kondisi maka satuan pendidikan SMK Muhamadiyah 3 Cileungsi.membentuk sistim mengajar siswa bukan hanya mengharapkan bekerja di industri atau perusahaan tapi dapat mencetak Usahan Muda.

Sekolah dengan pengembangan pendidikan dan  performa sekolah mengubah strategi pengembangan kemampuan atau kompetensi siswa didik agar setelah lulus dari sekolah siap kerja dan juga siap  mandiri berusaha.



SMK Muhamadiyah  3 Cileungsi melalui persiapan Kurikulum Merdeka maka  Program Muda Berusaha yang selama ini disekolah  sudah sesuai sengan  Pilot Projek Pembelajaran Profil Pancasila (P5).

Projek ini  yang  yang diberikan  kepada anak didik selama pembelajaran di SMK Muhamadiyah 3  mulai dari kelas 10, Kelas 11, Kelas 12  sehingga setalah  lulus maka jiwa berwiraswasta mampu jadi dagang yang  mandiri.

Dalam Pilot Projek Usahawan Muda setiap siswa  di kelas dibagi beberapa kelompok ada kelompok produksi dan marketing, dalam kelompok ini  dimana siswa disesuaikan  membuat produk atau bakat  menjual

Tentunya, ujar Kepsek Fadholi masing masing siswa didik memiliki bakat berbeda, dalam program usaha muda siswa didik dipertajam kemampuannya dalam  memproduksi dan metode strategi marketing.

Dengan pembinaan siswa didik selama disekolah dalam kelompok usaha muda ini mereka memiliki kemendirian karena mereka merasakan ada  hasil usaha  dari kelompok yang mereka bangun.

Dari hasil dari usaha muda ini dapat digunakan pendapatan tambahan jajan maupun  sarana pendidikan mereka.

"Dengan hasilguna ini mereka sudah membantu orangtua mereka," urai Kepsek Fadholi 

Untuk mengembangkan kompetensi siswa siap kerja dipasar sekolah  wajib menyediakan sarana sekolah yang dapat digunakan sebagai praktek sesuai penjurusan yang ada di SMK Muhammadiyah 3 Cileungsi.

Sebelum anak lulus dan diwisuda  diberi uji kopentensi standar industri sehingga pada saat melamar kerja dan diterima kerja kempuan mereka diakui.

Sebagai wujud nyata SMK Muhamadiyah 3 Cileungsi memiliki usaha sebagai wahana pratek  den kemadirian dengan mendirikan mini market sekolah bernama Muga Mart dan diluar sekolah mampu didirikan Sun Mart.

Selain sarana praktek siswa didik sudah wiralaba dan usaha Muga Mart dan Sun Mart  dapat dinikmati masyarakat dengan membeli usaha dengan harga terjangkau.

Sedangkan  mengembangkan kemampuan siswa dibidang keuangan dan perbankan maka SMK Muhamadiyah 3 Cileungsi  telah  mendirikan  bank syariah  yaitu  BMT Syariah, Amanah dan telah kerjasama BJB Syariah yang dapat digunakan sebagai sarana praktek siswa didik.

"Selain itu  jurusan akutansi dan perbankan kita memiliki laboratorium akutansi yang lengkapi komputerisasi yang dapat mengakses dalam sistim keuangan perbankan," tambah Kepsek Fadholi.

Lulusan SMK Muhamadiyah 3 Cileungsi juga sudah membangun jaringan dengan industri maupun perusahaan yang di Cileungsi dan  sekitarnya  agar setelah lulus siswa didik dapat disalurkan 

Dalam rangka mencetak sumberdaya di SMK menurut Kepsek Fadholi pemerintah dapat membantu  mendukung peningkatan  kualitas prasarana praktek dan labotorium agar sesuai standar industri maupun perusahaan.

Selain itu adanya    mempermudah akses  kerjasama dengan pihak industri dan industri yang selama ini kesulitan kesulitan membangun kerjasama dengan industri maupun perusahaan. (Alex)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger,
Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur - INDONESIA
Telp :  021- 836.83.83
Hotline  : 021- 0812 -1853-3128
Email: Binzar67@ g.mail.com