13 September 2022 | Dilihat: 37 Kali
SMPN 1 Gunung Putri Siap Laksanakan Kurikulum Merdeka Berbagi.
noeh21
Plt Kepsek SMPN 1 Gunung Putri Ismail Latif, S.Ag
 

Bogor, Projustisianews.com - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Gunung Putri tahun 2022 siap melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

"Dari tiga kategori IKM maka  sekolah kita memilih Kurikulum Merdeka Berbagi yang tahun ini mulai diterapkan kepada anak didik kelas 7,"ujar Plt  Kepala Sekolah SMPN 1 Gunung Putri Ismail Laief, S.Ag diruang kerjanya Minggu ini.

Menurut Kepsek Ismail meski masih menggunakan Kurikulum tiga belas (Kurtilas) tapi metode pengajara kepada siswa didik sudah memakai Kurikulum Merdeka. 

Dalam rangka pemantapan kurikulum Merdeka Berbagi ini kepada  Kepsek , dan semua guru kelas 7 sudah menerima bimbangan Teknis dan dari pengawas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.

"Untuk penerapan dalam pengajaran kepada siswa didik  tidak sulit karena para pengawas disdik adalah pengawas penggerak, " ujar Kepsek Ismail yang juga masih menjabat Kepsek SMPN 4 Gunung Putri ini.

Untuk kesiapan pengajaran Kurikulum Merdeka SMPN 1 Gunung Putri tambah  Kepsek Ismail, setiap guru sudah diberi Silabus Kurikulum Merdeka oleh Dinas pendidikan termasuk bimbingan teknis dan metode penerapannya.

Bersama pengawas penggerak dari Disdik  secara intensif membimbing guru menjabarkan Silabus Merdeka hingga guru telah membuat  satuan  Rencana Pembelajaran dan Pengajaran (RPP) dan penerapannya dalam.pilot projek

Tentunya ujar Kepsek Ismail setiap sekolah  membuat Implementasi Kurikulum Merdeka yang masing sekolah memiliki karekter dan spesifik sendiri.

SMPN 1 Gunung Putri telah melaksanakan Penerapan Pembelajaran Dan Pengajaran Profile Pancasila (P5) dan tahun 2022 siswa kelas 7 akan menggelar 3 projek.

"Dalam waktu dekat kita mulai implementasikan dengan tem Merdeka Demokrasi. Dimana siswa didik akan belajar dan mempraktek metode pemilihan dengan terbuka Pemilihan OSIS.

" Siswa didik akan mulai belajar dengan kemampuan dan keberaniannya mulai menentukan calon pemimpin, visi dan misi pemimpin, mengkampanyekan calon pemimpin mereka pada pemungutan siapa yang layak jadi ketua OSIS," ujar Kepsek Ismail.

Dalam Kurikulum Merdeka Berbagi ini tambah Kepsek Ismail ada perubahan paradigma pwngajaran dimana guru dan siswa menggali kemampuan, bakat dengan inovasi

Selain itu, Kata mantan Kepsek SMPN 2 Parung ini, karena ada perubahan kurikulum maka   perencanaan sekolah dalam penyediaan sarana pendukung juga berubah. " Kita akan mengalokasikan anggaran cukup lumayan untuk 3 projek termasuk Buku Tematis Merdeka juga kita akan adakan," ujar Kepsek yang pernah dipercaya penerima 7 sekolah perintis se Kabupaten Bogor ini.

"Untuk mensukseskan Kurikulum ini sesuai target yang diharapkan pemerintah tentunya perlu dukungan orangtua melalui Komite, tidak menutup kemungkinan peran kemitraan dengan pihak yang dilingkungan sekolah," ujar Kepsek Ismail yang pernah menjabat Kordinator Komisi Pembangunan Sekolah Bantuan dari Australia ini.

Dengan persiapan matang dan terpadu, Kepsek Ismail penerapan Kurikulum Merdeka yang akan murni dilaksanakan sekolah tahun 2024  akan terlaksana dengan baik. (Alex)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger,
Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur - INDONESIA
Telp :  021- 836.83.83
Hotline  : 021- 0812 -1853-3128
Email: Binzar67@ g.mail.com