27 Juli 2021 | Dilihat: 341 Kali
Sebuah Perspektif : 
Dari Mahasiswa, Hingga Perjalanan Menjadi Seorang Wartawan: Cerita Singkat Seorang Wartawan Perempuan*
noeh21
 


Penulis : Sahnil
Redaktur NTB

Sekelumit kisah singkat Seorang Mahasiswa yang masih mengenyam pendidikan di salah satu kampus swasta di Kabupaten Lombok Timur, sebut saja Namanya Nina. Seorang mahasiswa Fakultas Hukum yang sedang menempuh semester akhir. 

Berbicara soal mahasiswa  dan idealisnya di tengah fase menjadi seorang mahasiswa tentu mempunyai penemuan dan pengalaman tersendiri yang di alami oleh setiap pelajar. Tidak terlepas dari peran mahasiswa menjadi Agen Of Change dan Agen of control membuat banyak nya mahasiswa terjun kedunia aktivis untuk menemukan hal baru,  lalu kemudian di praktikkan pada lingkup masyarakat sekitar yang mumpuni.

Nina yang duduk temenung dikala sore yang sedikit mendung itu, berpikir dan mencoba menelusuri jalan pikirannya lebih jauh arti perjalanan itu, baik mulai dari bangku kuliah hingga kelapangan nantinya. 

Terbangun dari renungan nya, gadis yang kerap disapa Nina yang tanpa sengaja men scroll handphone milik pribadinya dan melihat story sahabatnya, ada pamflet pembukaan menjadi seorang wartawan. Sontak terbesit keinginan dan ada rasa tertarik masuk dalam dunia jurnalis  saat itu hingga akhirnya mencoba .

Pengalaman hari pertama nya dimulai dari mewawancarai salah seorang anggota aparat Kepolisian yang kebetulan teman sekelasnya di perguruan tinggi . Tak lama kemudian ia berbicara layaknya jumpa temu  sekedar menanyakan aktivitas dan hal lainnya . 

"Jujur pada awal dihari itu ia sempat ragu, untuk menjadi seorang jurnalis karna baginya pada saat itu menjadi seorang wartawan membutuhkan mental baja dan kekuatan untuk konsisten menjalani liputan di lapangan .

Kegelisahan mengantarkannya pada lamunan-lamunan akan kerasnya jalanan dunia kerja disamping masih sibuk mengerjakan tugas akhir kuliahnya, namun pemikirannya teringat pada seorang laki-laki paruh baya yang sempat bertemu dengannya seminggu yang lalu. Kira-kira begini kata nya " selama kau muda habiskan masa gagal mu . Cobalah berbagai pengalaman dalam konteks yang positive, namun ingat mencoba bukan berarti semua nya. Engkau perlu memilih agar waktumu tidak terbuang banyak dan sia-sia". Sontak membuatnya bangun dari lamunan panjang itu. 

Berangkat dari kalimat itu, Nina mulai merubah pola pikir. Menurutnya apapun pekerjaanya, itu suatu pilihan setiap orang dari gender manapun. 

Terlepas dari diri nya menjadi seorang perempuan bahwasanya banyak sekali diskriminasi, seolah perempuan hanya bisa di ranah domestik yang membuat Nina ingin membuktikan bahwa perempuan memiliki multitalenta yang bukan hanya bisa menggaungkan warna lipstik dan merek make up semata. 

Ketika Nina ingin membuktikan bahwa perempuan multi peran perempuan tidak melulu terpengaruh mitos keterbatasan. 

Menjadi wartawan perempuan yang notabenenya minoritas bukan suatu hal bahkan tidak masalah bagi nya ketika Nina bisa menyesuaikan diri, dunia terasa berwarna sejak liputan pada hari-hari nya . 

Secercah coretan ini ketika siapapun membaca nya terkadang tidak berdampak  bahkan dianggap hanya tulisan datar seorang perempuan yang bahkan mereka berpikir hanya coretan dalam kertas polos semata. Sebagian lagi atau bahkan para perempuan diluar sana yang menjadi kaum rebahan yang sedang naik daun bahkan mulai tergugah untuk membentuk suatu gerakan-gerakan kecil. 

Apapun pengaruh nya Nina hanya ingin para perempuan bisa membuktikan diri nya bahwa ia bisa merdeka dengan ruang tanpa batasan-batasan yang memang membuat perempuan nyaris terbunuh gerakan nya .
 
Cerita Nina untuk para perempuan hebat diluar sana yang sedang rebahan yang sedang dalam pergerakan atau yang sedang dilematis antara mendengar celotehan tetangga. Kini saat nya buktikan dengan gerakan-gerakan lalu ubah mainsed mu . Dari emperan menuju empire kedepan nya .apapun hasil nya bergerak adalah hal yang tepat yang akan kau jalani 
Catatan : Penulis adalah Wartawan lulusan UKW Dewan Pers

Alamat Redaksi/ Tata Usaha
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger,
Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur - INDONESIA
Telp :  021- 836.83.83
Hotline  : 021- 0812 -1853-3128
Email: Binzar67@ g.mail.com