13 Februari 2024 | Dilihat: 52 Kali
Ketua KPU : Distribusi Logistik Pelaksanaan Pemilu 2024  Mencapai 99 Persen
noeh21
 

Jakarta, Projustisianews. com -  Ketua KPU RI  Hasyim Ashari beserta anggota adakan pertemuan dengan para media dalam acara konferensi Pers  di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Februari 2024. 

KPU RI menggelar Konferensi  Pers di ruang  Press Room  sekaligus  tanya jawab dengan para media menepis isu-isu yang berkembang menjelang H 2 pada hari Rabu 14 February nanti dan diskusi dilaksanakan agar para media dapat mendengar langsung atau yang bersumber dari KPU RI.  

Menurut Ketua KPU, pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu 2024, pendistribusian logistiknya sudah mencapai 99 persen secara simultan dan signifikan ke tingkat kabupaten atau kota hingga kecamatan di Indonesia. 

Hal yang sama  diungkapkan  Komisioner KPU Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga dan Logistik, Yulianto Sudrajat pada konferensi pers ini. 

“Distribusi bergerak simultan, signifikan hampir 99 persen, distribusi sudah bergerak kabupaten/kota kecamatan dan desa,”  dalam penjelasan singkat   Yulianto Sudrajat.

Belajar dari Pemilu 2019  dan KPU telah melakukan pemetaan di wilayah 3T,  yakni terdalam,  terluar,  dan terpencil,  ada sebanyak 162 daerah 3T berdasarkan temuan KPU kabupaten/kota.

“Dari awal kami sudah memetakan daerah distribusi logistik, mendasari dari pemilu sebelumnya di Pemilu 2019, kami memetakan daerah terdalam, terluar, dan terpencil, yakni sebanyak 162 daerah, berdasarkan kawan-kawan kabupaten dan kota”, ungkap Yulianto.

Ia menegaskan, pendistribusian di daerah terluar menjadi fokus terdepan yang bisa di jangkau KPU RI, seperti Kepulauan Talaud, Sangihe, Mianas, dan beberapa distrik di Papua yang telah selesai pada 11 Februari 2024.

“Daerah terluar didahulukan pendistribusiannya dan terbukti 11 Februari di daerah Kepulauan Talaud, Sangihe, Mianas sudah terdistribusi di kecamatan tersebut, daerah di papua seperti distrik Monana Utara dan Timur sudah bergerak sampai tingkat kecamatan tersebut,” terangnya.

Ia menambahkan di daerah 3T, pihaknya dibantu oleh TNI-Polri, Kementerian Perhubungan, Pemda setempat karena ia menjelaskan KPU mengalami keterbatasan armada, dan sejak awal pihaknya sudah mitigasi dan petakan agar KPU Kabupaten Kota menjalin kerja sama.

Sistem penghitungan dan rekapitulasi suara pada Pemilu 2024 dengan  Pemilu 2019  berbeda sistem. Dalam diskusi dan tanya jawab dengan para media Betty Epsilon wakil ketua divisi bidang sosialisasi, pendidikan, dan partisipasi masyarakat.

KPU RI  menjelaskan,  pada pemilu kali ini, pihaknya menggunakan sistem informasi rekapitulasi suara .(alat bantu dari 2 Petugas KPPS), di tiap TPS ada dua orang yang bertugas dan diberi akses untuk  mengunggah hasil suara. melalui akunya yang sudah di daftarkan 

Ada dua cara Sistem penghitungannya : Sirekap mobile (hp)  dan Sirekap website (laptop). .Sirekap mobile diakses oleh perangkat yang berbasis android melalui handphone. Sementara Sirekap website diakses oleh perangkat laptop atau komputer.

Sirekap juga dapat memberi informasi kepada publik tentang hasil pemungutan suara, akan tetapi bukan hasil resmi dari KPU RI dan ini berkesinambungan sampai hasil akhir nya di Penghitungan suara oleh KPU RI (hasil resmi pemilu mengacu pada Undang-Undang No.7 tahun 2017 tentang Pemilu) dan Masyarakat bisa saja mengaksesnya.

Selanjutnya hasil Pemilu akan diumumkan 35 hari sejak hari saat pemungutan suara berdasarkan hasil pleno PPK, KPU kabupaten/kota, KPU Provinsi dan KPU RI. 

Mio /Win. Binyo/Kontributor

Alamat Redaksi/ Tata Usaha
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger,
Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur - INDONESIA
Telp :  021- 836.83.83
Hotline  : 021- 0812 -1853-3128
Email: Binzar67@ g.mail.com