06 Februari 2022 | Dilihat: 153 Kali
Pemdes Ciangsana Akan Renovasi Kantor Desa Untuk Memajukan Pelayanan Masyarakat
noeh21
Kades Udin Saputra bangun tim kuat Pemdes Ciangsana Desa Mandiri dan Modern
 

Kabupaten Bogor, Projustisianews.com - Pemerintah Desa Ciangasana akan segera melaksanakan Pembangunan  Renovasi Kantor Desa. " Rencana pembangunan renovasi ini akan segera dilakukan di bulan Pebruari ini," ujar Kepala Desa Ciangsana, Udin Saputra, SH di kediamaman disaat persiapan Kantor  Sementara Pendes Desa Ciangsana.
 
Kades Udin Saputra, SH meninjau persiapan Kantor Desa Ciangsana

Menurut Kades Udin Saputra renovasi Kantor Pemdes Ciangsana sangat mendesak karena kondisi atap kantor sudah mengalami kerusakan yang dapat mengganggu aktivitas kerja pemerintahan desa sehari- hari.

Untuk tahap awal pembangunan renovasi desa ini, menurut Kades Udin Saputra  Pemerintah Desa Ciangsana mengawali Program  Kerja 2022  akan mengganti atap kantor dengan pembangunan duck atau betonisasi.

"Betonisasi ini dengan kontruksi dua lantai diharapkan kedepan akan dilanjtkan pembangunan sarana Ruang Aula Masyarakat Ciabgsana  yang dapat digunakan dengan multi fungsi," tegas Kades Udin Saputra yang juga Ketua Apdesi Kecamatan Gunung Putri ini.

Untuk kelangsungan pelayanan satu pintu Desa Ciangsana selama renovasi ini,  Kades Udin Saputra menyediakan lahan kediamannya di Jalan Ciangsana depan Ruko, pintu masuk Kota Wisata
" Saya membangun Kantor sementara Desa Ciangsana ini gratis tanpa kas dari desa sebagai wujud jepedulian saya kepada masyarakat Ciangsana," ujar Kades Udin Saputra dengan merendah sambil menunjukkan ruang fasilitas pelayanan kantor  sementara.

Kades Udin Saputra dikenal Kades muda ingin mencoba membuka terobosan dengan  mengangkat roda pembangunan di Desa Ciangsana yang telah meraih sebagai  Desa Mandiri dan Modern yang berada strategis di perumahan ekslusif Kota Wisata.

"Pembangunan Kantor Desa merupakan prioritas utama agar segala roda aktivitas masyarakat dapat berjalan lancar," ucap Kades Udin Saputra yang sudah  meraih Desa Peraih Desa Pajak dari Bupati Bogor 2021 ini.

Dia berharap untuk membangun Desa Ciangsana modern sebagai amanah peran dan fungsi desa dimana pengelola desa perlu keterlibatan semua pemangku yang ada di Desa Ciangsana.

" Saya  berharap akhir  2022,  Pembangunan Aula Masyarakat Ciangsana  lantai dua ini dapat rampung dengan keterlibatan semua stakeholder," harap Kades Udin Saputra.

"Kita akan mengundang anggot DPRD dan DPR, para pengusaha, simpatisan untuk urun rembuk dalam penyelesaian pembangunan Aula Masyarakat Ciangsana dengan menggunakan potensi desa yang ada," gagas Kades Udin Saputra.

"Untuk awal pembangunan pengecoran lantai dua aula ini, Pemdes Ciangsana masih mengandalkan partasipasi masyarakat melalu kontribusi bagi hasil pajak," jelas Kades Udin Saputra.

Langkah strategis akan dilakukan Desa Ciangsana dengan menggandeng pengembang Kota Wisata, dan industri serta pengusaha yang ada di Desa Ciangsana. Kita coba mengundang mitra kerja kita dengan "Kopi Bareng" dan membentuk Tim kerja," usul Kades Udin Saputra.

Kedepan, Pemdes Ciangsana  juga akan memperkuat perekonomian Desa Ciangsana dengan memaksimalkan peran  dan fungsi BUMdes sebagai mitra ekonomi kerakyatan.

"Bahkan tidak menutup kemungkinan kita akan memperkuat sebagai BUMDes dengan  program usaha masyarakat Desa Ciangsana melalui ekonomi kerakyatan dengan lahirnya Koperasi Masyarakat Ciangsana," ungkap Kades Udin Saputra.

Dari lembaga ekonomi desa ini, perangkat desa akan menghidupkan roda perekonomian rakyat dengan perkuatan usaha UMK dan pengusaha mikro.

" Salah satu fungsi lembaga ekonomi Desa ini memperkuat  permodalan dan pengelolahan usaha sinergitas yang tentunya harus didukung  pemerintah pusat dan juga perusahaan swasta baik dari pemanfaatan CSR dan juga pinjaman ringan," urai Kades Udin Saputra.

Desa Maju dan Mandiri dan Modern Ciangsana merupakan amanat yang seiring muatan UU Desa dan juga upaya perkuatan pemerintahan Desa.

"Kami berharap langkah strategis ini diharapkan pihak pemerintah baik pusat maupun daerah dan juga legislatif dengan upaya sinergis," jelas Kades Udin Saputra.

"Diharapkan dengan perencanaan pembangunan desa (Musrenbang)  yang sedang digodok bisa diakses masyarakat untuk membuka keterlibatan semua stakeholder," tandas Kades Udin Saputra tokoh mudah yang konseptor ini.
(Alexander)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger,
Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur - INDONESIA
Telp :  021- 836.83.83
Hotline  : 021- 0812 -1853-3128
Email: Binzar67@ g.mail.com