22 September 2022 | Dilihat: 195 Kali
Selamat Jalan Inangnami Naburju Ompung Yobella Boru
noeh21
 

Bekasi, Projustisianews.com - "Borhat Ma Nainang Na Burju, " demikian ucapan tulus dari semua  putra dan putri dan juga cucu dan cicit  dari Ibunda tercinta Ny Sinaga Thentje, Ompung Yobella Boru Tambunan di usia 86 tahun di Puncak Acara Adat Saur Matua Mauli Bulung  yang berlangsung  di Sopo Gabe, Bekasi (22/9/2022).


Ir Hendrinus Sinaga Bapak Yobella Ibu St R Sijabat, SH

"Mama kami bagai pelita kehidupan dan dia juga dewi  bagi kami. Mama telah mengasuh kami 50 tahun setelah mama  kesediriaan ditinggalkan bapak.
 Mama kesetiaannya merawat kami penuh kasih sayang sampai dewasa dan beranak cucu dan bercicit," ucap 
Ir. Hendrinus Sinaga br St R Sijabat, SH ayahanda Yobella dengan derai air mata berlinang   didamping adiknya Ir. Ginda Sinaga Br Panjaitan,Daniel Sinaga Br Malau,  Drs  Toberlin Sinaga Br Simanjuntak, serta  itonya Hutahayan Boru Sinaga

"Cucuku, ompung tak kuat lagi, ompung mau pergi ke rumah Tuhan, relakan  ompung berangkat kerumah ompung di Surga ya, kalian harus tetap tersenyum dan berjuanglah raih cita -cita kalian setinggi-tinggi. Bersyukur ke Tuhan dan tetap gemgam Tuhan ya cucuku," demikian pesan Ompung Yobella Boru kepada semua cucu dan cicitnya saat detik-detik nafas akhir di RS  Mitra Keluarga Cibubur.

Ir Ginda Sinaga Br Panjaitan diulosi Hula hula Raja Panjaitan

Prosesi Adat Saur Matua Mauli Bulung   merupakan puncak tertinggi yang didalam Adat Batak sebagai simbol Hagabeon, Hasangan dan Hamoraan. Adat itu sudah diterima Inang Na Burju Ompung Yobbela.

Adat ini menurut Hula-hula dari Raja Sijabat, Raja Panjaitan, Raja Malau dan Raja Simanjuntak, Raja Hutahayan perjuangan Ompung Yobella mampu merawat, menjaga keturunannya tanpa ada yang hilang hingga punya cucu, nini dan nono.

Dalam ulaon Martonggo Raja para tua- tua adat dari tulang dan hula-hula  Ompung Yobbella Boru memperoleh gelar Adat Saur Matua Mauli Bulung dan membawa  Sigagat Duhut Horbo Bolon dan Gondang Sabangunan.

"Apa adat yang terbaik buat mama akan kami.persembahkan yang terindah buat mama kami tercinta. Semua berkat yang harus  kami syukuri dari Tuhan kepada pinomparnya.  Semua keberhasilan yang kami peroleh perjuangan dan doa kesetian dan  Tangiang inong yang tercinta," ucap Hendrinus Sinaga dan Ginda Sinaga dan Daniel Sinaga,  Togerlin Sinaga  penerus Ompung Bella.

Setelah Puncak Acara Adat Saur Matua Mauli Bulung, Ompung Yobella Boru akan dibawa ke Padang Sidempuan Sumatra Utara melalui Silangit Airport.

"Kami akan bawa inong kami dari Bekasi  ke Padang Sidempuan karena ini pesan akhir inong  kami, dia harus dibumikan bersama suami tercintanya Ompung Yobella Doli," tambah Hendrinus Sinaga.

Menurut Hendrinus  Ompung Yobella Boru akan disambut disambut dengan Acara Besar  Budaya Adat Tapanuli Selatan sekaligus memasuki prosesi Kebaktian  HKBP Padang Sidempuan sebelum memasuki  di Tambak Besar Ompung Yobella Doli dan Boru. (***)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha
Jalan Ceger Raya No. 27  Ceger,
Kecamatan  Cipayung Jakarta Timur - INDONESIA
Telp :  021- 836.83.83
Hotline  : 021- 0812 -1853-3128
Email: Binzar67@ g.mail.com